Panduan Verifikasi PayPal Dengan Kartu Debit

Update (26/07/20/2010): sejak tanggal 12 April 2010, verifikasi PayPal dengan menggunakan rekening bank lokal Indonesia telah dinon-aktifkan, semoga fitur ini diaktifkan kembali :)

Verifikasi rekening PayPal sudah bisa dilakukan dengan kartu debit atau rekening tabungan di Bank lokal tanpa harus menggunakan kartu kredit ataupun menggunakan virtual credit card (VCC). Cara aktifasinya juga sangat mudah dan prosesnya cepat, namun perlu sedikit cara yang gak “biasa” untuk verifikasinya. Berikut panduan pendaftaran sampai proses verifikasi account PayPal. Semoga bermanfaat.

Silahkan melakukan pendaftaran di www.payPal.com. Di formulir yang tersedia, isi data seperti: alamat e-mail, password, nama, tanggal lahir, negara, alamat, kota, kode pos dan nomor telepon. Identitas harus diisi dengan jelas dan bukan nama samaran. Selanjutnya klik “Agree and Create Account” sehingga akan muncul formulir pengisian data kartu kredit seperti gambar berikut:

Nah, di tahap pengisian formulir kartu kredit inilah yang selama ini menghambat proses verifikasi rekening PayPal khususnya bagi pendaftar yang belum mempunyai kartu kredit. Untuk itu abaikan saja tahap ini, langsung klik “Go to My Account”.

Konfirmasi kepemilikan e-mail dengan mengklik link yang telah dikirimkan PayPal ke e-mail, buka e-mail lalu klik “Link your card”

Setelah konfirmasi kepemilikan e-mail sudah sukses, langkah selanjutnya adalah menautkan (link) rekening Bank ke PayPal. Klik “My Account” lalu pilih “Profile”, pilih “Add/Edit Bank Account”. Perhatikan gambar berikut:

Penggunaan nama samaran/nama yang tidak sesuai dengan identitas akan menghambat proses verifikasi dan konsekuensinya PayPal akan mengenakan biaya sebesar Rp. 50.000, selain itu proses penarikan uang dari PayPal ke rekening Bank nantinya akan dikenakan biaya juga. Untuk itu nama yang didaftarkan harus sesuai identitas (lihat gambar berikut).

PayPal menanyakan informasi negara, nama Bank secara lengkap, kode Bank dan nomor rekening tabungan. Untungnya PayPal sudah membantu dengan menyertakan nama lengkap Bank yang ada di Indonesia beserta kode Bank sehingga gak perlu menghubungi pihak Bank untuk menanyakan kode mereka. Klik “What this?” untuk melihat daftar Bank beserta kodenya. Setelah pengisian data sudah lengkap klik “Continue”

Nama bank beserta kodenya

Gambar di bawah adalah konfirmasi keakuratan data rekening Bank, kalau sudah benar klik “Add Bank Account”

Setelah rekening Bank dikonfirmasi, akan muncul pemberitahuan dari PayPal bahwa 1-3 hari kerja mereka akan mengirimkan deposit ke rekening Bank dalam jumlah kecil. Silahkan cek rekening Bank anda lewat internet Banking ataupun mencetak buku tabungan ke Bank.

Di halaman depan (My account) klik “Get Verified” dan akan muncul seperti pada gambar berikut. Ada tiga tahapan disini yaitu menambah Bank (Add bank account), memulai proses konfirmasi Bank untuk mendapatkan verifikasi (start process to confirm bank account dan get verified) dan mengkonfirmasi rekening bank (Confirm bank account). Tahapan pertama dan kedua sudah dilakukan yang berstatus “Complete” dan tinggal tahapan ketiga yang masih berstatus “To do”.

Setelah beberapa jam atau hari berikutnya, silahkan cek halaman ini lagi. Anda akan mendaoatkan status baru yaitu “In progress” yang artinya konfirmasi verifikasi rekening Bank sudah siap dilakukan. Klik link “Confirm bank account” dan cek juga histori transaksi rekening bank.

Deposit dari PayPal dalam bentuk kliring di histori transaksi rekeninng bank, masing-masing Rp. 11.00 dan Rp. 3.00.

Silahkan mengkonfirmasi deposit yang diterima dengan mengisi formulir yang disediakan seperti pada gambar berikut:

Tahapan verifikasi rekening bank telah selesai, rekening/account PayPal sudah aktif. Perhatikan gambar berikut:

Rekening PayPal sudah aktif dan sudah siap melakukan transaksi. Selamat mencoba….



Artikel terkait:

  • Verifikasi PayPal Pakai Debit BCA, Bisa!Verifikasi PayPal Pakai Debit BCA, Bisa! Update (26/07/20/2010): sejak tanggal 12 April 2010, verifikasi PayPal dengan menggunakan rekening bank lokal Indonesia telah dinon-aktifkan, semoga fitur ini diaktifkan kembali :) Siapa […]
  • Saatnya Memiliki Rekening “legal” di PayPalSaatnya Memiliki Rekening “legal” di PayPal Bagi sebagian besar blogger (yang menerima donasi di blognya), website jual beli (e-commerce) ataupun perusahaan media/jasa/hiburan yang mengandalkan internet sebagai salah satu media […]
  • Verifikasi PayPal Dengan Kartu DebitVerifikasi PayPal Dengan Kartu Debit Update (26/07/20/2010): sejak tanggal 12 April 2010, verifikasi PayPal dengan menggunakan rekening bank lokal Indonesia telah dinon-aktifkan, semoga fitur ini diaktifkan kembali […]
  • Maaf, Verifikasi PayPal Dengan Rekening Bank Sudah Tidak Bisa LagiMaaf, Verifikasi PayPal Dengan Rekening Bank Sudah Tidak Bisa Lagi Akhir-akhir ini saya mendapati beberapa komentar teman-teman yang mengaku kesulitan mengverifikasi rekening PayPal mereka. Sebagaimana kita ketahui bahwa PayPal sepertinya sudah mulai […]

35 Comments

  1. iqbal says:

    nanya bro
    dari hasi pencarian di bebarapa blog kartu debit mandiri yang berlogo VISA bisa dipake utk verifikasi (itu sih info dari blog yg sama lupa link url nya). trs saya coba, yg jadi masalah saya kurang tau utk card number yg ditanya paypal diisi apa ya?dimn kita bisa temukan card number ini di kartu debit mandiri visa?mungkin bro tau. soalnya di blog yg saya baca tu g ada dijelasin card numbernya ngambil dimn.

  2. JINK says:

    makasih boss,,
    tapi aku masih nunggu 1-3 hari lagi,

    • Mendrofa says:

      Sorry bro, PayPal uda ga bisa verifikasi pakai account bank lokal Indonesia, jadi panduan saya diatas sudah ga berlaku lagi, mudah-mudahan PayPal kembali aktifkan fitur ini lagi :)

  3. febi says:

    hi mas,..met kenal
    aku punya account paypal… pake kartu debit bca tapi waktu mau verifikasi kok masuk ke kartu kredit..pusing dech jadinya!!!
    terus nda ada pemebritahuan dari paypal “Setelah rekening Bank dikonfirmasi, akan muncul pemberitahuan dari PayPal bahwa 1-3 hari kerja mereka akan mengirimkan deposit ke rekening Bank dalam jumlah kecil.”.. tolong bantuan nya
    terima kasih

  4. febi says:

    met kenal pak..
    begini..saya butuh bantuan nich,..setiap mendaftar selalu paypal meminta kartu kredit padahal sy tdk mencentang kartu kredit,.. jadinya setiap verifikasi selalu minta kartu kredit padahal saya nggak punya kartu kredit
    jadi gmn pak cara mendaftarnya…?
    terima kasih
    mohon bantuannya
    febi

  5. Rita says:

    Thank info nya ya. Aku lg coba daftar paypal aku.

  6. Rita says:

    Terima kasih info nya, aku lg coba bikin paypal pake rek bank. Semoga sukses.

  7. Armaini says:

    Salam kenal mas…
    saya mempunyai masalah yang sama dengan teman2 di atas. kebetulan kartu BCA saya adalah PASSPORT BCA, apakah bisa digunakan untuk verifikasi PAYPAL?
    karena sudah sebulan saya tunggu untuk, deposit dari PAYPAL tidak masuk juga, dan untuk tidak pernah ada note dari PAYPAL bahwa saya akan dikirim deposit (11,00 IDR dan 3,00 IDR). Lalu, mas bilang untuk verifikasi bank account, dimana saya bisa menemukan option tersebut?
    dan setiap kali saya masuk ke link and confirm card, saya harus memasukkan data kartu kredit….mohon bantuannya mas. Terima kasih

    • Mendrofa says:

      Ternyata sejak tangggal 2 April 2010 aktifasi PayPal dengan menggunakan rekening lokal sudah tidak bisa lagi bro

  8. salam kenal, infonya oke mas, tp saya jg nemu masalah hampir sama kayak temen2 di atas, nda ada pemberitahuan dari paypal kalo dia akan kirim deposit sejumlah kecil
    kalo ada info kebijakan baru atau gmn share lg ya bro, makasih bny2

    sesekali mampirlah di blog saya http://kabar-pilihan.blogspot.com/ hehe

  9. rulesbymagick says:

    Itu mah verifikasi melalui bank account, bukan kartu debit

    • Mendrofa says:

      Terima kasih atas koreksiannya bro, kalau dipikir-pikir benar juga ya: verifikasi dengan account Bank.

      Karena secara teknis kartu debit gak ditanya-tanya PayPal bahkan ga punya kartu ATM juga tetap aja masih bisa verifikasi

  10. Akbar says:

    Permisi mas, pertanyaan saya hampir sama dengan rekan – rekan sebelumnya. Jadi saya sudah mengikuti semua petunjuk yang sudah mas captured tetapi setelah saya mengklik Get verified, tampilannya masih harus memasuki data kartu kredit. Apakah tampilannya ini akan berubah jika saya menunggu 3 hari atau lebih? Dan saya tidak ada pemberitahuan jika paypal akan mengirimkan uang deposit dengan jumlah uang yang mas sebutkan di gambar. Lalu, apakah jika seandainya saya sudah menerima pemasukan deposit dari paypalnya, apa yang harus saya lakukan selanjutnya? Mengklik Get verified lagi kah? Atau bagaimana?

  11. budhin says:

    Bro, bisa dikirm dlm bentuk ebook ga ? pk di cas jg boleh. TQ

  12. romi says:

    mav bos saya mau tanya nih ..
    klo mau verify paypal pake kartu debit bisa gak ya ,,,
    n klo bisa, apa kartu debitnya ,,,
    cz saya nyoba kartu atm/debit mandiri gak bisa ,,,
    mohon penjelasannya ya ,,,
    maklum ni saya masih amaatir …
    sekali lagi mohon penjelasannya ya ,,,
    makasi ..

  13. ridwan says:

    mas, saya baru saja bikin akun di paypal.
    tetapi pas mau ndapetin status terverifikasi,
    ada tulisan di atasnya “kartu kredit ditolak oleh bank”

    padahal baru saja 3 hari kemarin aku buka rekening sekalian bikin kartu kreditnya..

    tolong penjelasannya ya mas..

    makasih..

    • Mendrofa says:

      Harusnya gak ditolak bro, coba konsultasi dengan bank anda. Kartu kreditnya mungkin belum diaktifkan oleh bank?

    • Argo says:

      CCnya udah diaktifin belum?,kebanyakan kartu kredit cuma buat aja,tapi ccnya belum diaktifin.

      Sumber : Pengalaman pribadi

  14. Mendrofa says:

    Selangkah lagi sudah berhasil untuk verifikasi, ditunggu saja ya. Pengalaman saya untuk Bank tertentu memang ada yang lama baru menerima kiriman deposit. Misalnya di rekening BNI baru masuk 3 minggu lebih sejak menambah rekening Bank, tetapi tetap masuk kok kecuali kalau sudah ada kebijakan baru dari PayPal lagi tetapi mudah-mudahan kebijakan mereka masih konsisten :)

  15. Argo says:

    Mohon bantuannya mas,saya sudah menambah/add bank account,namun yang jadi permasalahan,kenapa sudah seminggu lebih gak ada kiriman 2 deposite itu ya mas?mohon kecerahannya,saya pake bank bni syariah.

    numpang naruh link :
    argo06.blogspot.com
    tolong di kunjungi.

  16. Gabrielle says:

    Saya sdh coba ikuti langkah spt capture-an di atas tp begitu saya add account bank kok nggak ada informasi mengenai kiriman uang 2-3 hr y?

    Yg ada justru suru masukin no kartu kredit. Padahal sdh konfirmasi email segala, sampai frustasi daftarnya.

    Mohon bantuannya ya, terima kasih.

    • Mendrofa says:

      Silahkan masukkan informasi rekening Bank dengan mengklik “My Account” yang ada di pojok sebelah kiri atas lalu pilih “Profile” kemudian klik “Add/Edit Bank”

      Setelah sukses menambah rekening Bank, tunggu beberapa hari bahkan lebih seminggu untuk menerima deposit. Setelah menerima deposit ikuti panduan diatas

  17. Calvin says:

    Bro, mau tanya donk..
    Kenapa pas aku klik Get Verified, yang muncul cuma “Link and confirm your debit or credit card”

    Trus ketika aku add bank account, ada notifikasi yang masuk ke email saya tetapi tidak ada keterngan dari Paypal yang menyebutkan akan mengirimkan 2 small deposut tersebut..

    Thanks buat infonya yah.. =)
    Sukses bro..

    • Mendrofa says:

      Bro Calvin,

      Kalau sudah mengisi rekening bank sesuai panduan diatas, tinggal tunggu beberapa hari untuk mendapatkan 2 small deposit tersebut. Silahkan cetak buku tabungan anda atau login ke internet banking dan masukkan sejumlah nominal yang dikirimkan PayPal. Silahkan dicoba bro :)

  18. bangulis says:

    apakahharus menunggu 3 hari?
    sebab saya langsung eeeeh di tolak.
    u/dik saya pake bank mandiri

    • Mendrofa says:

      Ketentuan PayPal sudah begitu bro, mungkin karena transaksinya dalam bentuk kliring. Transfer antar Bank di Indonesia dengan pakai kliring bisa berhari-hari kan? 2-4 hari kayaknya masih wajar sih.

      Pastikan nama pemilik rekening dengan nama pemilik PayPal sama, biar gak ditolak

  19. setiawan says:

    wah , thx buat tutorialny baru tau bisa pake kartu debet bca, umm.. trus misalkan kita mau isi dana ke paypal bisa juga dari bca ?

    • Mendrofa says:

      Untuk sementara, Bank lokal (Indonesia) belum bisa tambah dana dari kartu debit / buku tabungan, dana hanya bisa ditambah pakai kartu kredit bro :)

  20. Mendrofa says:

    Yup benar pertamax…

    Terima kasih atas kunjungannya bung. Ngomong-ngomong sudah sering “gajian” donk dengan akun PayPalnya?

  21. Bung Eko says:

    Pertamax gak ya? :D

    Mantap, Bung!
    Tutorialnya komplit sekali. Meskipun saya sudah verified sejak dulu-dulu, tapi tetap saja langkah-langkah ini membantu. Siapa tahu saya besok mau buat akun PayPal baru lagi? :D

Trackbacks for this post

  1. [...] Karena penasaran, maka saya memutuskan untuk mendaftar lagi dengan rekening bank saya yang belum terdaftar di PayPal. Dan hasilnya? Ada yang aneh saudara-saudara setanah air, bagai tersambar petir di siang bolong ternyata ada yang kurang beres, ketika saya mendaftar dan menambahkan rekening bank lokal yaitu tampilan dan pesan yang muncul memang benar tidak seperti ketika saya mendaftar rekening PayPal di akhir Januari 2010 yang lalu yang saya tulis dengan judul “Panduan Verifikasi PayPal Dengan Kartu Debit“. [...]

Comments are now closed for this article.

Get Adobe Flash player