Kuliah (Lagi)

Yeay….  Akhirnya saya resmi menjadi mahasiswa pascasarjana (S2) di Universitas Mercu Buana, jurusan Magister Manajemen Sumber Daya Manusia. Terhitung sejak hari Senin kemarin (09/09/2013), saya resmi menjadi mahasiswa aktif yang akan duduk manis di bangku kuliah setidaknya 2 tahun ke depan. Dengan kuliah lagi, berarti saya harus “berkorban” untuk tidak menikah dulu. Untuk calon istri saya di luar sana sabar ya menunggu….. (hahaha padahal pacar saja belum punya *maaf, curhat sedikit*).

Oh ya, program studi Magister Manajemen di Universitas Mercu Buana sudah terakreditasi A oleh BAN PT, kalau teman-teman mau kuliah S2 khususnya yang  berminat dengan jurusan manajemen, bisa jadi bahan pertimbangan tuh untuk menimba ilmu di  kampus UMB.

Mengingat jarang menulis tentang kegiatan pribadi, saya agak susah untuk menulis postingan ini, tetapi baiklah saya akan coba. Semoga enak dibaca. Mengingat jarak kampus utama yang terletak di Meruya – Jakarta Barat sangat jauh dari Pulomas, maka saya memilih kuliah di kampus B yang terletak di Menteng. Ketika kuliah S1 dulu, lokasi kampus saya terletak di Menteng juga, lumayan buat bernostalagia. Kampus Universitas Mercu Buana mempunyai 4 lokasi kampus yaitu kampus A (Meruya), kampus B (Menteng), kampus C (Gedung LIA Depok) dan kampus D (Bekasi) sehingga mahasiswa bisa leluasa memilih tempat kuliah yang dekat dengan rumah atau kantor masing-masing. Bila ingin pindah kuliah antar kampus (A, B, C dan D) diperbolehkan dengan catatan harus di semester berikutnya.

Awalnya agak deg-degan juga sih sebenarnya ketika membayangkan suasana di kelas akan kaku, tidak seperti ketika kuliah S1. Tetapi, rasa deg-degan itu akhirnya sirna ketika menyaksikan teman-teman di kelas ramah-ramah semua dan selalu siap berbagi kalau ada yang bertanya. Untuk dress code, mengingat sudah senior maka peraturannya adalah cara berpakaiannya harus rapi, minimal pakai baju kaos berkerah. Meja dan kursi didesain lebih “manusiawi” dibanding kursi yang dipakai mahasiswa S1, ruangan kelas pun tampak bersih tanpa coret-coretan disana-sini bahkan mejanya saja tidak ada coretan apalagi tulisan berupa contekan yang jamak terjadi di kelas S1,  mungkin karena sudah pada senior ya makanya menjaga sikap dan perilaku dalam berkampus ria, pada malu sama umur.

Mahasiswa wajib mengikuti seminar (10 kali selama kuliah) yang diadakan pihak kampus dan wajib mengikuti kegiatan outbound yang biasanya diadakan ketika sudah memasuki semester 2 dan berlangsung beberapa hari di luar kota. Katanya sih, outbound ini sangat penting untuk menjaga kekompakan agar suasana bisa cair dengan adanya interaksi dan diskusi diantara para mahasiswa. Kalau kegiatan outbound sih siapa yang mau tolak ya, pastinya asyik tuh.

Tugas akhir berupa tesis sudah bisa diajukan di semester 3 dan harus selesai dalam 1 tahun sejak diajukan, kalau terlambat maka harus mengulang lagi. Artinya, kesempatan terbuka lebar untuk menyelesaikan tesis ketika masa perkuliahan akan selesai. Faktanya, tesis yang diajukan oleh mahasiswa ketika sedang aktif kuliah kebanyakan selesai tepat waktu dibanding dengan tesis yang diajukan kemudian ketika masa perkuliahan telah selesai. Akhir kata, semoga tesis saya selesai 2 tahun mendatang. Amin….



Artikel terkait:

  • SDM kepulauan Nias TerkiniSDM kepulauan Nias Terkini Ada yang tahu berapa total kampus yang beroperasi di kepulauan Nias? Berapa jumlah pemuda/i kepulauan Nias yang kini sedang mengenyam pendidikan tinggi (khususnya di kepulauan Nias, plus […]
  • Pa Kabar Thesismu Kawan?Pa Kabar Thesismu Kawan? 1 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 2 September 2014, di situs resmi Universitas Mercu Buana keluarlah SK: 09/014/F-STT/IX 2014. Isinya sudah gampang ditebak, saya bersama 366 teman-teman […]
  • Ikut CampIkut Camp Gak terasa hari ini Jum`at! Bararti sudah mau week end donk ya. Besok saya mau ke Puncak-Bogor, ikut Camp selama 2 hari. Berangkat dari Jakarta jam 07.00 pagi dan mungkin akan balik […]
  • Keren, Jakarta – Nias Ditempuh Hanya Dalam 140 MenitKeren, Jakarta – Nias Ditempuh Hanya Dalam 140 Menit Kabar gembira! Untuk pertama kalinya, impian masyarakat dari kepulauan Nias dan wisatawan akan adanya penerbangan langsung Jakarta - Nias (tanpa transit) benar-benar terwujud. Ya, Garuda […]

Comments are closed.