Unik, Upacara Kemerdekaan RI di Bawömataluo

Photo by: Lenthy
Hari ini, Kamis (17/08) puncak perayaan kemerdekaan RI ke-72 sangat meriah di berbagai daerah di tanah air, termasuk di kantor-kantor kedutaan negara-negara sahabat. Bahkan ada yang merayakannya dengan naik gunung ataupun mengibarkan bendera di bawah permukaan laut dengan cara menyelam.

Di Nias Selatan, tepatnya di kecamatan Fanayama yang kini menjadi wilayah terpisah dari kecamatan Telukdalam sebagai ibukota kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, melaksanakan upacara kemerdekaan RI ke-72 di lapangan nan luas di halaman utama desa Bawömataluo, desa adat yang terkenal dengan atraksi lompat batu, rumah adat (Omo Hada), dan tari perangnya itu.

Sebagaimana diketahui, desa-desa adat di Nias Selatan memang didesain layaknya perumahan cluster, bentuk rumah hampir seragam (rumah adat) dan lapangan terbuka luas di tengah-tengah yang memungkinkan interaksi antar warganya dapat berjalan dengan baik ataupun juga dapat mengfasilitasi event-event yang melibatkan massa dalam jumlah banyak.

Dengan dikelilingi rumah-rumah adat dan batu megalith, upacara kemerdekaan RI di Bawömataluo ini sangatlah unik dan menjadi atraksi tersendiri bagi warga. Tidak terkecuali, upacara kemerdekaan RI ke-72 di Bawömataluo ini menarik perhatian belasan wisatawan asing yang sedang berkunjung, berbaur dengan warga menikmati prosesi upacara kemerdekaan RI ke-72 di salah satu ikon pariwisata kepulauan Nias.

Selamat merayakan kemerdekaan RI ke-72, merdeka!!!
Share on WhatsApp

0 comments:

Posting Komentar