Ada Lompat Batu di Ancol, Jakarta Utara

Bicara Lompat Batu atau dalam bahasa aslinya dikenal sebagai Hombo Batu, dipastikan identik dengan Nias, sebuah pulau terbesar yang berada di gugusan kepulauan Nias di Samudera Hindia. Lompat batu sudah sangat melekat dengan pulau Nias dan menjadi ikon yang telah meningkatkan brand awareness pariwisata kepulauan Nias.

Selain di Desa adat yang tersebar di wilayah Nias Selatan, masyarakat dan wisatawan dapat menyaksikan atraksi lompat batu di luar kepulauan Nias yang biasanya diselenggarakan pemerintah, lembaga maupun paguyuban masyarakat atau kalau kurang beruntung menyaksikan secara langsung dapat menyaksikannya lewat media massa atau media sosial.

Di ibukota Jakarta sendiri, wisatawan dan masyarakat dapat menyaksikan atraksi lompat di acara-acara tertentu yang diselenggarakan oleh masyarakat atau di Taman Mini Indonesia (TMII) lengkap dengan miniatur rumah adat Nias meskipun "hanya diwakili" model rumah adat dari wilayah Selatan (ada beberapa model rumah adat Nias).

Nah, kini ada satu lagi "atraksi" lompat batu teranyar dengan dilengkapi pelompat di atasnya yang seakan sedang melompati "batu" dengan tinggi total kurang lebih 3 meter yang dijamin Instagramable. Dapat dijadikan salah satu spot foto terbaik dengan latarbelakang pantai dan salah satu panggung hiburan terapung di area Ancol, Jakarta Utara.

Lompat batu di Ancol sendiri bukan terbuat dari batu seperti aslinya atau terbuat dari papan, melainkan semuanya terbuat dari bahan sejenis seng/logam ataupun mungkin perunggu. Tampak terdapat satu plakat yang masih belum ada tulisan atau tanda tangan di sebelahnya yang mungkin bisa saja berisi informasi tentang lompat batu ini ataupun nanti semacam tempat pembubuhan tanda tangan ketika diresmikan oleh pihak terkait.

Lompat batu kebanggaan dan khas Nias tersebut diletakkan di lokasi yang sangat strategis dan selalu ramai dilewati oleh pejalan kaki yang sedang menikmati suasana pantai. Kiranya "ikon" baru Ancol yang bisa saja merupakan lompat batu terbesar dan tertinggi yang pernah dibuat yang bahannya berasal dari material seng semakin membuat pariwisata kepulauan Nias semakin populer.

Diletakkan di lokasi strategis, di trotoar dekat pantai
Lokasinya sangat strategis, tampak pula panggung terapung yang jaraknya hanya 100an meter
Ada pulau patung lain yang diletakkan di lokasi terpisah
Tidak hanya lompat batu, di beberapa titik terdapat "patung" yang belum punya nama ini juga
Instagrammable...
Share on WhatsApp

0 comments:

Posting Komentar