Stage

Industri kreatif di Indonesia kini semakin menunjukkan taringnya, didukung dengan jumlah penduduk yang “berjubel” dengan kelas menengahnya yang tumbuh pesat menjadikan Indonesia sebagai medan bertumbuhnya industri kreatif. Tidak mengherankan nyaris tiap bulan ada konser dalam skala besar digelar di negeri ini.

Salah satu band yang perform di press conference Java Rockin`land 2013 di hotel Borobudur, Jakarta
Dan kita patut berbangga, Indonesia telah mempunyai acara tahunan di dunia hiburan seperti Java Jazz Festival yang telah menjelma menjadi salah satu festival musik jazz terbesar di dunia, ada lagi Java Rockin`land 2013 yang berlangsung dari tanggal 22-23 Juni 2013 di pantai Carnaval, Ancol yang pada pergelaran tahun ini memasuki usia ke-empat, masih relatif muda akan tetapi Java Rockin`land adalah yang terbesar se-Asia Tenggara, lagi-lagi kita punya jadwal tahunan berskala internasional dan jadi yang terbesar di segmennya. Inilah salah satu konsekuensi bagi industri kreatif karena negara kita salah satu negara di bumi yang penduduknya banyak.

Namun seperti sudah jadi masalah klasik, lagi-lagi pemerintah kita perlu mendukung isdustri kreatif ini, dukungan nyata sangat dibutuhkan, bukan hanya slogan dan program semata. Apalagi kita sudah punya kementrian yang menangani industri kreatif walau masih menempel di industri pariwisata, tapi tidak apa-apa. Toh juga, Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Mari Eka Pangestu dalam berbagai kesempatan selalu mendengungkan industri kreatif sebagai salah satu penggerak ekonomi negeri ini.

Untuk Java Rockin`land 2013 ini, ada baiknya kita mengaca pada Taiwan negeri yang mendukung musisinya untuk go internasional (88 Balaz, Utopia), pemerintahan mereka mengirim wakilnya di Java Rockin`land 2013. Tentunya dukungan materi dan dukungan lain dalam bentuk lobi-lobi pasti ditempuh pemerintah Taiwan untuk “menggolin” musisinya supaya bisa tampil di Java Rockin`land.

Nah, tindakan nyata seperti ini dibutuhkan oleh industri kreatif tanah air. Semoga ke depan segera terealisasi. Sekian, mau meluncur ke Ancol dulu untuk menikmati Java Rockin`land 2013….

About Kris Mendrofa

Lecturer. Blogger. Technopreneur. Traveller.

0 komentar:

Posting Komentar