PestaBlogger 2008: Selamat Datang di Republik Blog

Tanpa terasa PestaBlogger 2008 yang kita nanti-nantikan telah berakhir dengan kenangan manis: ketemu dengan blogger lain yang hanya kenal lewat dunia maya. Terus terang sebelumnya saya tidak pernah bertemu dengan teman-teman blogger yang hadir dalam PestaBlogger 2008 ini, blogger yang terdaftar di blogboleh.com merupakan satu-satunya komunitas blogger yang pernah bertemu dengan saya karena sekitar 1 tahun lalu kami sempat gathering di Solaria Semanggi, cuma kali ini kalau saya lihat di daftar peserta PestaBlogger 2008 teman-teman blogger dari BlogBoleh sepertinya tidak ada yang hadir atau alamat blog mereka sudah berganti alamat (tidak pakai blogboleh.com lagi). Memang belakangan ini, blogger yang aktif dan mendaftar di BlogBoleh.Com sepertinya tidak semeriah tahun 2006/2007 lalu bahkan BlogDetik.Com yang terbilang masih baru dalam menyediakan blog gratisan justru semakin populer.

Di tengah meriahnya acara blogger ini saya sempat berfantasi: “wah saya seperti berada di dunia lain aja, Republik Blog!” semuanya membahas tentang blog, blog dan blog lagi, asyikkan? dan bukan sedang berada di Republik Kupret yang menyebalkan seperti pada postingan saya sebelumnya.

Ikut hadir dalam Pestablogger 2008 ini merupakan pengalaman indah yang tidak mungkin saya lupakan dan juga merupakan media yang bisa membangkitkan semangat saya lagi dalam ngeblog karena memang belakangan ini saya sepertinya semakin jauh saja dari aktifitas blog dalam arti jarang menulis artikel, saya harap teman-teman blogger yang lain juga akan semakin termotivasi dan semakin inovatif dalam mengembangkan tulisannya dalam perspektif masing-masing.

Di sesi diskusi, panitia membagi beberapa kelompok sesuai dengan ketertarikannya masing-masing dan saya bergabung dalam diskusi “sosial politik”. Yang menjadi fasilitator kami adalah bung Martin Manurung, Mr. Brown dari Singapura dan Jeff Ooi yang juga anggota parleman Malaysia menjadi nara sumber di kelompok diskusi ini. Peserta yang tertarik dalam diskusi tentang sosial politik sendiri cuma sedikit dan jadi minoritas, ternyata blogger Indonesia masih belum terlalu tertarik dengan yang namanya politik ya??? Blog yang berkaitan dengan politik juga jarang, kata salah satu peserta.

Baik Mr. Brown maupun Jeff Ooi menceritakan betapa Blogger di negara mereka tidak diberi ruang untuk berekspresi secara bebas seperti yang didapatkan blogger di Indonesia akan tetapi mereka masih tetap menulis artikel yang tetap kritis tetapi dalam format lain sehingga walaupun ditekan mereka masih bisa mengungkapkan idenya bahkan Jeff Ooi sudah 4 kali berurusan dengan pihak pemerintah Malaysia dan 1 lagi masih sedang diproses terkait tuduhan pencemaran nama baik.

Satu hal lagi yang menarik, politisi-politisi partai oposisi di Malaysia sebagian besar sudah ngeblog, sangat kontras dengan politisi di Indonesia yang masih belum memanfaatkan blog sebagai media mereka dalam menyampaikan dan menampung aspirasi masyarakat.

Saya sendiri juga sebenarnya pengen membuat blog politik, tapi belum terealisasi sampai sekarang, wong blog ini saja masih kurang terurus kok he he he.

Sampai ketemu di PestaBlogger 2009!
Share on WhatsApp

0 comments:

Posting Komentar